Ramah Difabel, Telkom University Hadirkan Penerjemah Pada Acara Wisuda 1.428 Lulusan 2023/2024

- 8 Mei 2024, 08:00 WIB
Suasana kegiatan wisuda Telkom University
Suasana kegiatan wisuda Telkom University /Public Relations Telkom University/Journal Telegraf

JOURNALTELEGRAF - Ada yang menarik dari pelaksanaan wisuda periode II tahun 2023/2024 si Telkom University (Tel-U), Jumat 3 Mei 2024.

Dimana pada acara tersebut, Telkom University (Tel-U) mengukuhkan komitmennya dalam mendukung inklusivitas dengan menyediakan penerjemah bahasa isyarat. 

Baca Juga: Kamu Wajib tahu Selain Punya 52 Program Studi, Apalagi Keunggulan Universitas Telkom

Kegiatan yang berlangsung di Telkom University Convention Hall (TUCH) itu dihadirkan penerjemah bahasa isyarat untuk memudahkan keluarga dan kerabat wisudawan yang memiliki keterbatasan atau disabilitas pendengaran untuk ikut menikmati euforia kesuksesan mahasiswa Telkom University. 

“Inklusi adalah pondasi utama bagi Telkom University. Kami ingin memastikan bahwa setiap orang, termasuk mereka yang memiliki disabilitas, dapat menikmati momen penting seperti wisuda ini,” ungkap Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis (SPS), Dr. Anisah Firli dilansir dari laman resmi Telkom University, Rabu 8 Mei 2024.

Momentum wisuda bagi seorang mahasiswa adalah sebuah catatan sejarah, oleh karena itu, setiap peserta wisuda akan selalu memiliki keinginan untuk bisa merasakan kegembiraan dan hangatnya sebuah akhir dari perjalanan studi. Dengan kehadiran penerjemah yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas pendengaran menjadi langkah yang dianggap sebagai improvement signifikan dari Tel-U untuk memastikan bahwa tayangan wisuda dapat diakses oleh semua orang, tanpa terkecuali. 

Selain itu, kehadiran penerjemah bahasa isyarat ini menunjukkan Tel-U sebagai kampus yang ramah disabilitas. Meskipun demikian, Tel-U juga menegaskan bahwa upaya inklusi ini tidak hanya terbatas pada acara wisuda, melainkan juga tercermin dalam berbagai aspek kehidupan kampus.

“Banyak mahasiswa kami adalah teman-teman disabilitas, dan kami bangga melihat mereka mengatasi segala tantangan untuk mengejar cita-cita akademis mereka di Tel-U. Ini adalah bukti bahwa kondisi disabilitas bukanlah hambatan untuk meraih pendidikan tinggi yang berkualitas,” jelas Daris Rohmansyah, Kepala Bagian Public Relations Telkom University. 

Telkom University mewisuda 1.428 lulusan yang berasal dari 7 fakultas,  ini menambahkan jumlah alumni perguruan tinggi tersebut menjadi 80.000 yang tersebar di 40 negara. ***

Editor: Arham Licin

Sumber: Telkom University


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah