Menghindar Bayar Sesuai Aturan, Sejumlah Perusahaan di Bitung Diduga Akali Laporan Pemakaian Air Tanah

- 11 Juni 2024, 21:54 WIB
Theo Rorong Kepala Bapenda Kota Bitung
Theo Rorong Kepala Bapenda Kota Bitung /Property by Journal Telegraf/

JOURNALTELEGRAF - Air tanah yang dieksploitasi secara besar-besaran selama ini ternyata tidak berdampak signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bitung. 

Bahkan, diduga sejumlah perusahaan yang ada di Kota Bitung, membayar PAT jauh dari ketentuan yang diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Bitung Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). 

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bitung, Theo Rorong, ada beberapa faktor penyebab "kebocoran" PAD dari sektor PAT. Salah satunya kata Theo adalah lemahnya pengawasan selama ini. 

Namun, Theo yakin dengan upaya yang dilakukan Bapenda Kota Bitung untuk terus menggenjot PAD, termasuk dari Pajak Air Tanah, maka pihaknya akan memperkuat sistem sistem yang lemah. 

Tim Pengawasan Bapenda Kota Bitung saat turun lapangan melakukan pengecekan
Tim Pengawasan Bapenda Kota Bitung saat turun lapangan melakukan pengecekan

Baca Juga: Minimalisir Kebocoran PAD, Komisi Pemberantasan Korupsi,Bank Sulutgo dan Bapenda Se-Sulut Gelar Rakorev

"Kita akan perkuat pengawasan, terutama terus turun lapangan dan memastikan kecocokan laporan yang diserahkan pihak perusahaan yang memakai air tanah, untuk kita sahkan, jangan sampai hanya mempercayai saja laporan sepihak," tegas mantan Kabag Umum Setda Kota Bitung itu, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga: Pengambilan Air Tanah Untuk Komersil Diduga Tanpa Kajian Lingkungan, Ini Kata Kadis DLH Kota Bitung

Payung Hukum Pajak Air Tanah dan Penjelasannya

Pajak Air Tanah (PAT) sudah diatur dalam UU Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). 

Baca Juga: Masyarakat Kota Bitung Wajib Tahu, Ini Inovasi Baru Bapenda Soal Pajak Restoran

Halaman:

Editor: Arham Licin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah