Dinas Kominfo Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2024

- 17 Mei 2024, 04:28 WIB
/

JOURNALTELGRAF - Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, Pemerintah Kabupaten Buol melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 Rabu (15/05/2024) di ruang podcast Dinas Kominfo Buol.

Di Pimpin oleh Sekertaris Dinas Kominfo, Abdullah AS. Mangge. Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral diselenggarakan dengan mengukur kapabilitas penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Kapabilitas penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah merupakan tingkat kematangan dari terendah sampai dengan tertinggi. Rapat ini menjadi ajang bagi para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengkaji dan mengevaluasi berbagai aspek yang terkait dengan statistik sektoral.

Pada kesempatan yang sama, Siti Setianingsih dari BPS Buol, menyampaikan materi terkait evaluasi statistik sektoral.

"Perlunya sinergitas antar lembaga dalam penyelenggaraan statistik sektoral." Ujarnya.

Siti juga menekankan peran Diskominfo sebagai wali data dan BPS sebagai pembina data statistik.

EPSS ini bertujuan untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan Data Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, mendapatkan satu ukuran terpenuhinya prasyarat penyelenggaraan SDI dan statistik serta digunakan untuk menyusun strategi pembinaan data statistik oleh BPS pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Salah satu proses dalam EPSS ini adalah penjaminan kualitas, dimana setelah Tim Penilai Intern melakukan penilaian mandiri, kemudian dilanjutan dengan penilaian oleh Tim penilai Badan, maka hasil dari penilaian badan tersebut akan di periksa silang oleh tim penilai badan dari kabupaten lain sebagai bentuk penjaminan kualitas yang nantinya akan menghasilkan rekomendasi.

Turu hadir pada rapat ini terdiri dari BPS, Diskominfo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pertanian, serta Bappeda, turut berperan aktif dalam menyampaikan pandangan dan masukan untuk perbaikan lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Ewin Agustiawan

Sumber: Moh Asri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah