WAJIB Dikunjungi Hanya 45 Menit dari Manado, Taman Wisata Alam yang Menjadi Rumah Bagi Hewan Endemik Sulawesi

- 15 Mei 2024, 08:00 WIB
Kolase foto gerbang TWA Batuputih dan suasana di dalam Cagar Alam Tangkoko
Kolase foto gerbang TWA Batuputih dan suasana di dalam Cagar Alam Tangkoko /Facebook/

JOURNALTELEGRAF - Kota Bitung memiliki banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Selain Selat dan Pulau Lembeh yang beberapa tahun terakhir makin populer, kota ini sebenarnya punya destinasi wisata berupa cagar alam dan taman wisata alam. 

Namanya Cagar Alam Tangkoko dan di dalamnya terdapat taman wisata alam Batuputih. Dengan luas 3.196 hektare. 

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Pulau Lembeh, Surga Tersembunyi di Ujung Utara Pulau Sulawesi yang Wajib Dicoba

Bagi kalian pecinta flora dan fauna, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan, karena di dalam Cagar alam Tangkoko hidup berbagai macam tumbuhan, seperti edelweis atau Anaphalis Javanicum, Kantong Semar atau Nephentes Qynamphora, Nantu atau Palaquium Obtusifolium, Aras atau Duabanga Moluccana, dan Beringin atau Ficus Spp. 

 

Selain itu, Cagar Alam Tangkoko juga menjadi "rumah" bagi Musang Coklat atau Macrogalidia Misschenbroeki, Tarsius atau Tarsius Spectrum, Babi Rusa atau Cervus Timorensis, Yaki Panta Merah atau Macaca Nigra, Maleo atau Macrocephalon Maleo, Elang Laut atau Haliaeetus Leucogaster, dan Burung Rangkong atau Rhyticeros Cassidix. 

Perjalanan menuju ke kawasan konservasi ini dari pusat Kota Bitung bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit berkendara. 

Di daerah sekitar kawasan cagar alam juga tersedia beberapa cottage jika pengunjung mau menikmati suasana dengan bermalam di tempat itu. 

Karena masuk dalam wilayah konservasi, maka kebanyakan dari wisatawan yang datang didominasi oleh peneliti, ataupun mereka yang menyukai alam liar dengan berbagai keunikannya.***

Editor: Arham Licin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah