Diperiksa 4 Jam di Gedung Merah Putih, Sekjen PDI Perjuangan Keberatan Ponselnya Disita KPK

- 11 Juni 2024, 05:00 WIB
Jumpa pers Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai diperiksa sebagai saksi di gedung KPK
Jumpa pers Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai diperiksa sebagai saksi di gedung KPK /Antara /

JOURNALTELEGRAF - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto merasa keberatan ponselnya disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu terjadi saat Hasto dipanggil sebagai saksi ke gedung merah putih, Senin 10 Juni 2024.

Menurut Hasto, dirinya keberatan dengan penyitaan itu, karena segala sesuatu harus didasarkan sesuai hukum acara pidana.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan penyitaan ponsel tersebut dilakukan KPK dengan dalih stafnya dipanggil dirinya.

Baca Juga: Dua Tersangka Resmi Ditahan KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi di Kementerian Tenaga Kerja

"Pemeriksaan saya belum masuk materi pokok perkara karena di tengah-tengah itu kemudian staf saya yang namanya Kusnadi itu dipanggil, katanya untuk bertemu dengan saya tetapi kemudian, tasnya dan handphone-nya atas nama saya itu disita," jelas Hasto dikutip Journal Telegraf jaringan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dari laman media sosial DPP PDI Perjuangan, Selasa 11 Juni 2024 sini hari.

Hasto mengatakan sebagai saksi seharusnya berhak untuk didampingi penasehat hukum, dan berjanji kembali akan datang memenuhi undangan dari KPK.

Baca Juga: Diduga Lakukan Penganiayaan, 4 Anggota Polres Bitung Dilaporkan ke Propam Polda Sulut

"Ya karena segala sesuatunya harus didasarkan sesuai dengan hukum acara pidana. Karena ini sudah suatu bentuk tindakan yang pro justitia, sehingga hak untuk didampingi penasihat hukum itu seharusnya dipenuhi oleh mereka yang menegakkan hukum." pungkasnya.

Kenapa Hasto Dipanggil KPK 

Sekjen DPP PDIP itu dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK sebagai saksi atas kasus suap pergantian antar waktu (PAW) dengan tersangka Harun Masiku. Hasto Kristiyanto diperiksa selama empat jam oleh penyidik KPK. Dia tiba di Gedung Merah Putih KPK pada pukul 09.40 WIB dan selesai diperiksa sekitar pukul 14.26 WIB.

"Jadi saya datang ke KPK ini dengan niat baik sebagai seorang warga negara yang juga taat pada hukum. Saya di dalam ruangan yang sangat dingin, hampir sekitar empat jam," kata Hasto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin dilansir Antara.***

Editor: Arham Licin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah